Home » , » Cara Instal Java JDK Di Windows 10 32/64 bit

Cara Instal Java JDK Di Windows 10 32/64 bit

Assalamualaikum wr wb seperti yang kita ketahu java merupakan bahasa pemrograman yang populer di dunia. Banyak sekali aplikasi yang menggunakan java seperti pada handphone lama symbian, java s40, dan yang saat ini sedang naik daun pada aplikasi android.  Bahasa java ini awalnya dibuat oleh James Gosling saat masih bergabung di Sun Microsystems saat ini merupakan bagian dari Oracle dan dirilis tahun 1995. Bahasa ini banyak mengadopsi sintaksis yang terdapat pada C dan C++ namun dengan sintaksis model objek yang lebih sederhana serta dukungan rutin-rutin aras bawah yang minimal. Sumber Wikipedia. Dalam kesempatan ini saya akan membagikan Cara Instal java di Windows java di sini adalah jdk (Java Development Kit) sebuah perangkat lunak yang digunakan untuk melakukan proses kompilasi dari kode java ke bytecode yang dapat dimengerti dan dapat dijalankan oleh JRE (Java Runtime Envirotment). jadi intinya untuk compile kita gunakan jdk dan untuk menjalankanya kita menggunakan jre. Ok untuk mempersingkat langsung saja.

Langkah Instal
Sebelum kita mulai pertama download aplikasi JDKnya Download JDK
Jangan lupa klik Accept License Agreement
Pilih sesuai os yang digunakan 62bit(x64) atau 32bit(x86)
Jika Sudah jalankan aplikasi yang kita download tadi seperti ini 

cara instal java

Pilih next

cara instal java

Pada step ini kita bisa memilih lokasi instalasi jdk, dalam default akan di instal di C:\Program Files\Java\jdk1.8.0_172\


Tunggu sampai proses selesai

cara instal java

Di sini kita bisa memilih lokasi instalasi JRE secara default lokasi akan di terinstal C:\Program Files\Java\jre1.8.0_172\

Jika sudah selesai kita cukup menekan tombol Close, Jika kita menekan tombol next hanya akan membawa kita ke laman milik oracle.

Agar kita dapat compile java, terlebih dahulu kita harus mengatur  Path Environment Variable Agar dapat kita gunakan di command prompt windows.

Langka mengatur  Path Environment Variable

Sebenarnya sama saja untuk mengatur  Path Environment Variable pada windows 7,8 dan 10 namun karena navigasi dan tampilan yang berbeda kadang membuat kita bingung, Berikut cara mengatur  Path Environment Variable java pada windows 10


Klik Search pada Taskbar kemudian ketik Systen dan pilih System(Control Menu)

cara instal java


Atau cara lain pada windows explorer Klik Kanan This Pc pilih properties

cara instal java


Jika sudah kita maka akan muncul tampilan sepertini ini, Pilih Advanced system settings


cara instal java



Klik Environment Variabel

cara instal java


Klik New pada System Variabels

cara instal java



Pada Variabel name isi dengan JAVA_HOME
Pada Variable Value isi dengan direktori installasi jdk tadi. Klik Browse Directory lalu cari tempat installasi jdk tadi lalu klik OK.


cara instal java



Setelah JAVA_HOME sudah dibuat kemudian sorot variable Path yang berada dibawah JAVA_HOME seperti pada gambar berikut, lalu klik Edit.


cara instal java



Setelah itu akan muncul  jendela Edit environment variable sepeti dibawah, kemudian klik tombol New yang berada di pojok kanan atas.

cara instal java


Kemudian copy Direktori jdk bin Seperti gambar di bawah ini


cara instal java




Setelah itu  paste pada kolom ketika klik New tadi. Maka hasilnya akan seperti dibawah ini. Lalu klik OK

cara instal java


Sekarang java sudah selesai kita instal di PC, kita dapat menguji nya dengan membuka Command prompt Ketik java -version dan javac jika muncul seperti gambar dibawah berart java sukses di instal.

cara instal java





Demikian tutorial Cara instal java di windows 10 jika ada pertanyaan bisa tulis di kolom komentar di bawah terimakasih ^^

2 comments: